Pemerintah Kabupaten Kutai Timur


Kabupaten Kutai Timur merupakan salah satu Kabupaten yang terpilih menjadi peserta dalam Program Gerakan Menuju 100 Smart City Tahap 2 yang diadakan oleh Kominfo. Gerakan tersebut bertujuan membimbing Kabupaten/Kota dalam menyusun Masterplan Smart City agar bisa lebih memaksimalkan pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan pelayanan masyarakat maupun mengakselerasikan potensi yang ada di masing-masing daerah. Selanjutnya untuk memanfaatkan momentum tersebut Kabupaten Kutai Timur Smart City, Ir. H. Ismunandar, M.T beserta jajaran Pemkab Kutai Timur didampingi oleh Account Manager Telkom Regional 6 mengunjungi Living Lab Smart City Nusantara yang berlokasi di Jl. Gunung Sahari No. 53, Jakarta Pusat. Adapun kunjungan yang dilaksanakan pada hari Selasa, 25 Februari 2020 ini merupakan kunjungan kedua, setelah sebelumnya diwakili Sekretaris Daerah Pemkab Kutai Timur beserta jajaran mengunjungi Living Lab Smart City Nusantara pada 9 Mei 2018.

Pemkab Kutai Timur terletak di Provinsi Kalimantan Timur dengan luas wilayah sebesar 35.747,50 km2 dan jumlah penduduk di wilayahnya sebanyak 422.905 jiwa. “Luas Kutai Timur itu lebih luas dari Provinsi Jawa Barat, Jawa Barat mungkin diurus oleh 4 Bupati, Kutai Timur hanya diurus oleh 1 Bupati saja. Masih ada beberapa wilayah di Kutai Timur yang blank spot. Dengan kondisi Kutai Timur yang seperti itu, kami berharap setelah kunjungan ini akan ada masukan untuk mengembangkan daerah kami menjadi Smart Regency, karena pada dasarnya Kutai Timur juga sudah terpilih menjadi salah satu peserta dari 75 Kabupaten/Kota Smart City di Indonesia. Kami juga berharap PT. Telkom yang memiliki teknologi informasi dan pusat smart city, bisa membantu Pemkab Kutai Timur dalam mengembangkan teknologi informasi dan smart city”, ujar Bupati Pemkab Kutai Timur sebelum agenda Lab Tour dimulai.

Living Lab Smart City Nusantara didirikan pada tahun 2016 dan hingga kini telah menerima 617 kunjungan. Living Lab Smart City Nusantara adalah fasilitas yang dibangun oleh PT. Telkom untuk memberikan guidance dan know-how kepada stakeholder Smart City (Pemerintah, Industri dan Masyarakat) mengenai pemahaman mengenai Smart City dan impelentasinya. DIsini pengunjung dapat melihat dan mencoba solusi Smart City yang dimiliki oleh Telkom Group serta berdiskusi perihal implementasi Smart City. Terdiri dari 4 zona, yaitu Zona Smart Government, Zona Smart Industry, Zona Smart Citizen dan Zona Smart Infrastructure. Living Lab Smart City Nusantara dilengkapi produk solusi smart city yang saat ini telah didukung oleh kurang lebih 14 entitas Telkom Group.

Kunjungan Pemkab Kutai Timur diakhiri dengan testimoni yang diwakili oleh Bupati Pemkab Kutai Timur, “Memajukan Kutim Berjaya melalui Smart City, Indonesia Maju.” Kunjungan ditutup dan foto bersama Pemkab Kutai Timur dengan Tim Living Lab Smart City Nusantara.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Smart City Nusantara dan prosedur kunjungan ke Living Lab Smart City Nusantara, dapat mengakses www.smartcitynusantara.id dan akun Instagram @scn_telkomindonesia.

1