Pemerintah Kota Medan


Kota Medan merupakan Ibukota Provinsi Sumatera Utara. Kota dengan luas wilayah 2.256,44 km2 ini terdiri atas 21 kecamatan dan 121 kelurahan dengan jumlah populasi di Kota Medan sebanyak 2.478.145 jiwa. Pencapaian Kota Medan dalam hal pembangunan berbasis smart city adalah dengan terpilihnya Kota menjadi salah satu Kota / Kabupaten yang ditunjuk oleh Kominfo untuk turut andil dalam program Gerakan Menuju 100 Smart City di tahun 2018.

Karenanya, Kota Medan yang telah mendapatkan bimbingan Kominfo utamanya dalam menyusun masterplan smart city terus berupaya untuk dapat mewujudkan Medan Smart City. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengunjungi Living Lab Smart City Nusantara pada 5 Maret 2020. Kunjungan Pemkot Medan yang diwakili oleh Ir. H Akhyar Nasution, M.Si selaku Plt. Walikota Pemkot Medan dan jajarannya juga didampingin oleh AM Pemkot Medan, Robert Sianturi.

Kunjungan yang berlangsung selama 3 jam ini dimulai dengan pengisian digital guest book yang diwakili oleh Akhyar Nasution dan dilanjutkan dengan eksplorasi Living Lab Smart City Nusantara melalui Lab Tour dan diskusi bersama. Living Lab Smart City Nusantara sendiri terdiri atas 4 zona antara lain, Zona Smart Government, Zona Smart Industry, Zona Smart Citizen, dan Zona Smart Infrastructure. Menghadirkan 73 solusi atas pain problem dari 10 city sector yang seringkali menjadi issue bagi Pemda di Indonesia, Telkom Group melalui Living Lab Smart City Nusantara berkomitmen untuk dapat membimbing tidak hanya Pemda namun seluruh stakeholder smart city yang memiliki minat terhadap implementasi smart city. Adapun kunjungan Pemkot Medan kali ini merupakan kunjungan yang ke 620 yang telah diterima oleh Tim Living Lab Smart City Nusantara sejak tahun 2016.

“Living Lab Smart City ini merupakan gudangnya oleh-oleh aplikasi. Semoga oleh-oleh ini bisa menjadi benar-benar dinikmati seluruh warga kota Medan”, tulis Akhyar Nasution dalam testimoninya. Pembubuhan testimoni di perangkat smart meeting room tersebut menandai berakhirnya kunjungan Pemkot Medan di Living Lab Smart City Nusantara. Penutupan sesi kunjungan juga diselingi oleh sesi foto Bersama dan pertukaran cindera mata antara Akhyar Nasution dan Harun Triyantoro selaku Manager Experience Management Living Lab Smart City Nusantara.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Smart City Nusantara dan prosedur kunjungan ke Living Lab Smart City Nusantara, dapat mengakses www.smartcitynusantara.id dan akun Instagram @scn_telkomindonesia.

1