Pemerintah Kabupaten Murung Raya


Rabu, 11 Maret 2020, Living Lab Smart City Nusantara yang berlokasi di Jl. Gunung Sahari No. 50A, Jakarta Pusat, menerima kunjungan dari jajaran Pemkab Murung Raya. Kunjungan ini merupakan kunjungan ketiga yang dilakukan oleh Pemkab Murung Raya, setelah kunjungan sebelumnya yang dilakukan pada 12 September 2019 dan 2 Oktober 2019. Yang berbeda pada kunjungan kali ini adalah, Bupati Murung Raya, Perdie M. Yoseph turut hadir untuk melihat secara langsung solusi - solusi Smart City Nusantara yang dapat diimplementasikan sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan Pemkab Murung Raya.

“Melalui pemanfaatan teknologi informatika, kami berharap Kabupaten Murung Raya bisa menjadi daerah yang lebih maju lagi. Kunjungan ke Living Lab Smart City Nusantara yang di miliki PT. Telkom ini diharapkan bisa membantu Murung Raya dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk pengembangan smart city di Kabupaten Murung Raya”, ujar Perdie sebelum agenda Lab Tour di mulai.

Agenda Lab Tour dimulai dengan pengisian digital guest book yang diwakili oleh Perdie. Selain mencantumkan informasi dasar berupa nama, jabatan dan asal daerah, pada digital guest book tamu kunjungan Living Lab Smart City Nusantara juga diminta untuk memilih city sector yang menjadi fokus utama pengembangan smart city di daerahnya. Terdapat 10 city sector pilihan yang merupakan city sector paling umum menjadi pain problem atau fokus pengembangan smart city daerah, antara lain Manajemen Pemerintahan, Keamanan, Pendidikan, Kesehatan, Sumber Daya dan Aset Daerah, Pariwisata, Infrastruktur TIK, Lingkungan, Partisipasi Masyarakat, dan Transportasi. Pemilihan city sector ini penting dalam rangkaian kunjungan karena nantinya digunakan sebagai insight bagi Tim Living Lab Smart City Nusantara dalam penjelasan solusi dan diskusi selama kunjungan.

Antusiasme jajaran Pemkab Murung Raya terhadap penjelasan solusi-solusi Smart City Nusantara menjadikan diskusi selama kunjungan khususnya terkait permasalahan yang dihadapi Pemkab Murung Raya dan solusi yang mungkin diterapkan berlangsung menarik. Kadis Kominfo Pemkab Murung Raya, Bimo Santoso menekankan bahwa solusi – solusi yang dimiliki PT. Telkom diyakini sangat mumpuni untuk diterapkan untuk pengembangn smart city daerah bahkan hingga di lokasi terpencil sekalipun, sebagaimana kondisi geografis di Kabupaten Murung Raya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Smart City Nusantara dan prosedur kunjungan ke Living Lab Smart City Nusantara, dapat mengakses www.smartcitynusantara.id dan akun Instagram @scn_telkomindonesia.

1