Semarak Tahun Baru Cina (Imlek) yang jatuh pada tanggal 2 Februari 2022 lalu masih terasa hingga saat ini. Imlek yang merupakan tradisi khas masyarakat Tionghoa ini umum dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur serta harapan akan nikmat serta rezeki di sepanjang tahun yang akan dilewati. Agenda ini menjadi momen perayaan yang penting dilakukan khususnya bagi masyarakat Tionghoa. Untuk itu, tidak sedikit kota-kota dari berbagai negara di dunia merayakan momen ini melalui berbagai kegiatan serta tradisi khas budaya masing-masing, salah satunya Singapura. 

 

Dikenal sebagai ibukota dari Negara Singa Putih, Singapura dinobatkan menjadi kota pintar (smart city) terbaik di dunia berdasarkan Hasil studi Eden Strategy Institute tahun 2021 yang bertajuk ‘Top 50 Smart City Governments Rankings’. Melalui pemerintahnya, Singapura telah bertransformasi menjadi kota pintar yang unggul dalam berbagai aspek pelayanan masyarakat, mulai dari finansial, kesehatan, serta lingkungan yang dilengkapi dengan pemanfaatan teknologi Internet of Things. Keunggulan dalam berbagai aspek yang berhasil diciptakan Singapura melalui pemanfaatan teknologi menjadi hal yang dapat bermanfaat bagi kehidupan masyarakatnya yang mayoritas beretnis Tionghoa. Untuk itu, tidak heran apabila momen-momen perayaan khas etnis Tionghoa dirayakan secara besar-besaran di kota ini.

 

Lantas, apa saja bentuk perayaan Tahun Baru Cina yang menjadi khas dari Kota Pintar Terbaik di Dunia?

 

1. River Hongbao

River Hongbao merupakan salah satu agenda perayaan Tahun Baru Cina yang menjadi tradisi khas Singapura sejak tahun 1987. Acara yang rutin dilaksanakan tiap tahun ini biasanya digelar di The Float at Marina Bay dengan menyajikan berbagai pengalaman budaya etnis Tionghoa yang istimewa dan memanjakan indra wisatawan yang berkunjung. Untuk menambah kemeriahan acara, terdapat bermacam-macam lentera raksasa yang dipasang lengkap dengan lampu dan hiasan warna-warni khas Tionghoa. Salah satu lentera raksasa yang ikonik dari acara ini adalah lentera God of Fortune yang berukuran 18 meter – lebih besar empat meter dibandingkan tahun sebelumnya. Lentera tersebut dibuat sedemikian rupa dengan terlihat seperti sedang menuangkan koin emas dari kantong uang besar yang dipercaya melambangkan aliran kekayaan dan kemakmuran sepanjang tahun. Selain lentera raksasa God of Fortune atau Dewa Keberuntungan, terdapat pula lentera raksasa lain yang dapat disaksikan oleh pengunjung dengan total mencapai 30 lentera dalam acara ini. 

  

2. Chinatown Festival

Menyambut tahun Macan Air, Chinatown Festival di Singapura hadir dengan mengusung tema “Usher in a Roaring New Year”. Pengunjung yang hadir dalam acara ini akan disambut dengan keindahan lentera bertemakan macan menghiasi sepanjang lokasi acara. Lentera tersebut dirancang langsung oleh rekan-rekan mahasiswa dari Singapore University of Technology and Design (SUTD). Selain itu, terdapat pula lebih dari 300 lentera membentang sepanjang 880 meter di Eu Tong Sen Street dan South Bridge Road yang menambah keindahan acara. Selain menikmati keindahan kerlap-kerlip lentera, pengunjung yang hadir juga dapat merasakan pengalaman menulis keinginan dan harapan mereka di Chinatown Wishing Tree dengan cukup membayar kartu sebesar $2 saja.

 

3. Chingay Parade

Perayaan Tahun Baru Cina di Singapura tidak lengkap tanpa hadirnya gelar parade kostum dan topeng, Chingay Parade. Parade ini menjadi agenda tahunan yang dilakukan di Singapura untuk merayakan pergantian tahun berdasarkan kalender Cina sejak tahun 1973. Sejak saat itu, acara ini menjadi ikon acara tahunan yang menampilkan budaya multi-etnis di Singapura yang unik dan beraneka ragam. Di tahun Macan Air ini, Chingay Parade mengusung tema 'Ignite Our Dreams'. Acara tahun ini juga dikenal sebagai Chingay50 karena memperingati 50 tahun acara Chingay Parade berlangsung. Acara ini juga diperingati dengan berbagai program kegiatan menarik lainnya seperti program Dynamic: Diversity (D2), yakni kompetisi tari dengan menampilkan tari lokal dengan genre tari apapun. Seluruh peserta nantinya akan memperebutkan hadiah berupa uang tunai sebesar $1200. 

 

Memanfaatkan kecanggihan teknologi yang erat dengan identitas Singapura sebagai kota pintar terbaik dunia, perayaan Tahun Baru Cina tahun ini dilaksanakan cukup berbeda dengan mengadopsi sistem hybrid. Sehingga, masyarakat dari seluruh dunia dapat turut merayakan perayaan ini dengan menyaksikannya secara virtual melalui website serta media sosial resmi masing-masing acara.

 

Sources :

Share:

Tags: