Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang masih terus berjalan hingga saat ini terus mendapat perhatian publik, tidak hanya publik di Indonesia, namun juga di belahan negara lainnya. Salah satu hal yang menarik dari IKN Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur adalah penerapan konsep smart city  modern yang digadang-gadang akan berbeda dengan penerapan smart city yang telah diterapkan di kota-kota lain di Indonesia dan negara lainnya.

Konsep intelligent city sebagai wujud pengembangan dari konsep smart city, mendorong percepatan modernisasi kota melalui pemanfaatan teknologi sebagai dasar pengembangan konsep ini. Peran teknologi inilah yang akan menjadi kunci keberhasilan dari penyelenggaraan konsep intelligent city. Didukung dengan peran dalam mentransformasikan komunitas yang lebih kreatif dan aktif dalam berbagai proyek pengembangan smart community, dapat mendorong terciptanya kota yang saling terkoneksi dengan peran teknologi di dalamnya.

Bagi berbagai negara dan kota pintar lain di dunia, konsep intelligent city berhasil meningkatkan kualitas hidup sumber daya dan masyarakatnya. Beberapa kota dari negara lain yang telah menerapkan konsep ini diantaranya ada Sejong di Korea Selatan, Putrajaya di Malaysia dan beberapa kota lainnya. Bagi pemerintah, penerapan konsep intelligent city di IKN Nusantara tidak hanya dilakukan sebagai upaya dalam mensejajarkan IKN Nusantara dengan ibu kota lain yang telah mengusung konsep serupa, melainkan pula diharapkan dapat menjadi contoh bagi kota-kota lain di Indonesia dalam mengembangkankan konsep intelligent city sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas sumber daya juga kelestarian lingkungan. 

Meskipun mengusung konsep modern, pembangunan IKN Nusantara yang dilakukan di atas lahan seluas 256.000 hektare tersebut tidak menghilangkan kearifan lokal Kalimantan Timur serta esensi dari forest city atau kota hutan. Dalam sebuah wawancara, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jenderal Pol Budi Gunawan, menegaskan pembangunan IKN Nusantara tidak akan berdampak negatif pada ekosistem di Kalimantan Timur, khususnya bagi teluk Balikpapan dengan terus berupaya memitigasi dampak negatif lingkungan dengan baik.

 

 

 

Sources:

IKN Nusantara Dapat Menjadi Role Model Intelligent City Bagi Daerah Lain (2022). Mediaindonesia.com. Retrieved from https://mediaindonesia.com/politik-dan-hukum/475032/ikn-nusantara-dapat-menjadi-role-model-intelligent-city-bagi-daerah-lain

Mengenal Intelligent City, Konsep Smart City untuk IKN Nusantara (2022). JPNN.com. Retrieved from https://m.jpnn.com/news/mengenal-intelligent-city-konsep-smart-city-untuk-ikn-nusantara 

Share:

Tags: