Jakarta, 12 Oktober 2023 - SVN:Simpeldesa dan Smartcity Nusantara Integrated Platform (SNIP) sebagai bagian produk digital dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) berkolaborasi dengan meluncurkan produk bernama Simpeldesa Integrated Platform (SIP). Kolaborasi bersama ini sesuai dengan tujuan Indonesia dalam menjadikan Smart Village sebagai salah satu program prioritas nasional. SIP merupakan platform data terintegrasi dan interoperabilitas untuk mendukung transformasi desa digital. 

 

Desa yang memiliki peran penting dalam perkembangan suatu wilayah membutuhkan solusi yang dapat menyelesaikan masalah-masalah yang umumnya terjadi, seperti kurangnya sumber data yang real-time dan representatif sehingga menyebabkan Pemerintah Kabupaten tidak dapat memonitor potensi yang ada di desa. Oleh karena itu, SIP sebagai platform analitik yang memberikan solusi berupa Decision Support System Dashboard  yang berisikan integrasi data  yang ada di desa melalui Simpeldesa, sehingga memudahkan Pemerintah Kabupaten dapat memonitor dan mendapatkan informasi terkait governance, economy, dan society dari seluruh desa yang ada di bawahnya dalam satu dashboard. 

 

Kolaborasi ini tidak hanya akan memberikan manfaat jangka pendek bagi Pemerintah Kabupaten dalam menggali potensi yang ada di desa, melainkan juga memberikan peran penting dalam membangun desa cerdas. Komitmen Telkom ini diharapkan akan memberikan manfaat yang signifikan bagi Pemerintah Kabupaten/Kota maupun masyarakat di desa, dengan menyediakan platform digital yang inovatif dan efisien untuk mendukung dan membawa perubahan positif dalam sektor perekonomian dari level pemerintahan terkecil. 

 

Telkom Indonesia melalui Smart City Nusantara berkomitmen membangun dan menyediakan satu data desa yang komprehensif dan terintegrasi sesuai dengan tujuan Telkom, yaitu Satu Data Desa, Satukan Bangsa. 

 

#TelkomIndonesia #Menuju1000Desa #SmartVillageNusantara #SNIPTelkom #SmartCityNusantara #SmartCity

Share:

Tags: Manajemen Pemerintahan