Sebagai dukungan Telkom dalam menyukseskan implementasi smart city di berbagai kota dan kabupaten Indonesia, Telkom mewujudkannya melalui pembangunan Living Lab Smart City Nusantara. Living Lab Smart City Nusantara merupakan sebuah fasilitas yang memberikan panduan dan know-how mengenai tata cara implementasi smart city kepada para stakeholder smart city yang telah dikembangkan sejak tahun 2016.

Konsep smart city merupakan wujud pengembangan dan pengelolaan kota yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk mengelola dan memonitor sumber daya di dalam kota/kabupaten agar lebih efisien dan efektif sehingga tercipta pembangunan yang berkelanjutan.

Mendukung pembangunan smart city di kota dan kabupaten di Indonesia, Living Lab Smart City Nusantara dibangun dengan memiliki tujuan untuk mendukung para stakeholder, khususnya Pemerintah Daerah dalam mempercepat pengelolaan kota yang transparan guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat. Melalui dukungan sinergi yang diberikan oleh Telkom, Living Lab Smart City Nusantara memiliki berbagai demo dan solusi yang tersebar dalam empat zona, yakni Zona Government, Zona Industry, Zona Citizen dan Zona Infrastructure.

Hingga kini, total ada 70 demo dan solusi smart city yang hadir di Living Lab Smart City Nusantara. Pemerintah Daerah dapat memanfaatkan fasilitas dan layanan di Living Lab Smart City Nusantara untuk melihat berbagai simulasi dari solusi yang sekiranya dibutuhkan, sehingga dapat memberikan gambaran bagi Pemerintah Daerah mengenai pengimplementasian solusi tersebut untuk pembangunan di daerahnya masing-masing.

Tidak hanya ditujukan bagi Pemerintah Daerah, stakeholder lain dari sektor industri maupun masyarakat dapat berkunjung ke Living Lab Smart City Nusantara untuk melihat dan merasakan berbagai fasilitas yang disediakan. Stakeholder yang berkunjung juga dapat berpartisipasi dalam kegiatan - kegiatan pengembangan smart city, baik dalam bentuk sharing knowledge, diskusi implementasi, hingga inovasi teknis maupun bisnis. Sehingga, diharapkan partisipasi dari berbagai stakeholder terhadap layanan ini dapat mendorong semangat kolaboratif untuk mendorong percepatan pembangunan smart city Indonesia.

Sources:

Living Lab Smart City Nusantara Dukung Digitalisasi Kota/Kabupaten di Indonesia. Telkom.co.id. Retrieved March 24 2022 from https://telkom.co.id/sites/home-service/id_ID/news/living-lab-smart-city-nusantara-dukung-digitalisasi-kotakabupaten-di-indonesia-992 

Devega, Evita (2017). Langkah Menuju “100 Smart City”. Kominfo. Retrieved March 24 2022 from https://kominfo.go.id/content/detail/11656/langkah-menuju-100-smart-city/0/sorotan_media

Share:

Tags: