Menonton film merupakan salah satu aktivitas hiburan yang digemari oleh banyak orang. Salah satunya adalah karena film merupakan media edukasi seperti dalam hal perkembangan teknologi. Terdapat beberapa film yang banyak memberi ilmu maupun imajinasi tentang bagaimana implementasi teknologi dalam kehidupan manusia, salah satunya yaitu film ‘Ready Player One’ garapan sutradara Steven Spielberg.

 

Film ‘Ready Player One’ mengambil latar kehidupan pada tahun 2045, dimana pada saat itu teknologi benar-benar tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia. Film ini secara singkat mengisahkan petualangan kehidupan seorang remaja berusia 18 tahun bernama Wade Watts yang diperankan oleh Tye Sheridan dalam mengikuti permainan Oasis. Oasis merupakan suatu permainan berupa dunia virtual yang bisa dimasuki oleh manusia melalui avatar yang mereka buat untuk bermain game tersebut. 

 

Petualangan Wade Watts dalam mengikuti permainan Oasis dimulai ketika sang pendiri Oasis yaitu James Halliday (Mark Rylance)  meninggal. Melalui avatar yang dimilikinya, Halliday mengumumkan permainan baru yang telah ia buat sebelum kematiannya. Dalam pengumumannya ia mengatakan bahwa siapapun yang dapat memenangi games tersebut akan mendapatkan kendali sepenuhnya atas kepemilikan Oasis dan mendapatkan warisan kekayaan yang dimilikinya sebesar 500 miliar dolar AS.  

 

Untuk memenangkan permainan tersebut, para pemain harus menemukan ‘harta karun’ berupa telur paskah yang tersembunyi di balik gerbang, dimana setiap gerbang hanya dapat dibuka oleh sebuah kunci yang hanya bisa didapatkan dengan menyelesaikan berbagai tantangan yang ada pada games tersebut. Hadiah menggiurkan yang ditawarkan oleh Halliday pada akhirnya membawa Wade Watts bersaing dan bertemu para Gunters yaitu para pemain yang dikenal sebagai pemburu telur ‘harta karun’ untuk memenangkan permainan. Dalam perjalanannya menjalankan setiap tantangan, Wade bertemu dengan beberapa pemain lain, hingga akhirnya ia membentuk sebuah tim bernama High 5. 

 

Berdasarkan IMDb, film yang dirilis pada tahun 2018 ini memiliki rating yang cukup tinggi yaitu sebesar 7.4/10. Selain itu film ‘Ready Player One’ tidak hanya memiliki alur cerita yang menarik, tetapi juga memiliki efek visual yang apik. Bahkan film ini masuk kedalam nominasi Oscar 2019, kategori Best Achievement in Visual Effect. Efek visual yang apik tersebut tidak terlepas dari jalan cerita film yang menggabungkan penggambaran dunia nyata dengan dunia virtual reality. Virtual reality sendiri merupakan sebuah teknologi yang dapat membuat para penggunanya berinteraksi pada suatu lingkungan dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer. Dalam film, dunia virtual reality adalah dunia yang dimasuki oleh Wade Watts ketika bermain games Oasis. 

 

Jadi bagaimana Sohib Digital? Apakah film ‘Ready Player One’ akan masuk kedalam list tontonanmu?

 

Sources:

Bhayangkara, C. S. (2022, January 21). Sinopsis Ready Player one, film Yang Tayang di Bioskop trans TV hari ini, Jumat, 21 Januari 2022. Retrieved from https://www.suara.com/entertainment/2022/01/21/181500/sinopsis-ready-player-one-film-yang-tayang-di-bioskop-trans-tv-hari-ini-jumat-21-januari-2022?page=2

https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20220121170207-220-749672/sinopsis-ready-player-one-tayang-di-bioskop-trans-tv-malam-ini/2

https://nextgen.web.id/virtual-reality-di-masa-depan/

Share:

Tags: