Kamis, 24 September 2020 pukul 14.00 WIB, Telkom Regional (TREG) 1 mengadakan Webinar Smart City yang bertajuk “Percepatan Transformasi Digital Melalui Pengembangan Smart City Menuju Masyarakat Digital Indonesia”. Webinar yang berlangsung selama kurang lebih 2 setengah jam ini menghadirkan beberapa narasumber, diantaranya Machsus Kusuma Apriyono (EVP TREG 1), Drs. H. Syamsuar, M.Si (Gubernur Riau), Prof. Dr. Ir. Marsudi W. Kisworo (Pakar Smart City Indonesia yang juga merupakan Komisaris Telkom) dan Wahyudi (SM Smart City Development Telkom).

Acara dibuka oleh EVP TREG 1, Machsus Kusuma Apriyono yang mengucapkan terima kasih kepada para narasumber yang berkenan untuk hadir mengisi kegiatan webinar smart city ini. Selain itu, beliau juga memaparkan secara singkat terkait latar belakang kegiatan ini. Percepatan transformasi digital di Indonesia dirasakan perlu segera diwujudkan mengingat keadaan dunia yang sedang dilanda pandemi Covid-19 yang mengharuskan masyarakat untuk tetap beraktivitas seperti biasa namun meminimalisir kerumunan agar dapat mencegah penyebaran Covid-19.  

Tujuan diselenggarakannya kegiatan webinar smart city ini adalah untuk membahas dampak pandemi Covid-19 terhadap percepatan transformasi digital, meningkatkan kesadaran bersama tentang pentingnya integrasi data dalam rangka percepatan transformasi digital dan mendukung percepatan transformasi digital Indonesia melalui solusi Smart City Nusantara (SCN) di sektor Manajemen Pemerintah (Smart Government).

Menurut pemaparan yang disampaikan oleh Gubernur Riau, di Pemprov Riau sendiri sudah menerapkan smart city dan dampak transformasi digital yang dirasakan pun positif, terlebih di masa pandemi Covid-19 ini. Seperti salah satu contohnya dalam waktu dekat ini Pemprov Riau akan meresmikan jalan tol dan dilaksanakan virtual dengan Presiden RI.

Agenda selanjutnya diisi oleh Prof. Marsudi, beliau dalam paparannya selalu mengingatkan bahwa implementasi smart city di suatu daerah dengan daerah lain tidak bisa disama-ratakan. Hal itu karena kondisi suatu daerah dengan daerah yang lain pasti berbeda dan ada beberapa faktor lain di belakangnya yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Keberhasilan smart city dapat diukur dari bagaimana kualitas hidup masyarakat di wilayah tersebut. Beliau dalam paparannya juga menyampaikan bahwa dalam masa pandemi Covid-19 ini, implementasi smart city merupakan salah satu cara yang efektiv untuk membantu masyarakat agar tetap produktif sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.

Narasumber terakhir yang mengisi webinar smart city ini adalah Wahyudi yang dalam awal pemaparannya menjelaskan tentang integrasi data yang telah diimplementasikan di Pemprov Jabar dan Pemprov Jawa Tengah yang sedang mengembangkan solusi integrasi data tersebut. Beliau juga memaparkan bagaimana peran smart city dalam membantu mewujudkan percepatan transformasi digital di Indonesia. Transformasi digital dapat dikatakan berhasil apabila memberikan dampak positif kepada pemerintah, sektor bisnis, dan warga. 

Webinar yang di moderatori oleh Mardhina A. Surya ini dihadiri oleh 160 partisipan yang hadir dari berbagai kalangan. Webinar Smart City ini terbuka untuk umum dan ditayangkan melalui platform Video Conference CloudX dan Youtube Channel Cognitium Digital Studio. Sesi terakhir dari agenda webinar smart city ini adalah diskusi interkatif antara partisipan dengan para narasumber.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Smart City Nusantara dan Living Lab Smart City Nusantara, dapat mengakses www.smartcitynusantara.id dan akun Instagram @scn_telkomindonesia.

Share:

Tags: