Isyak Meirobie, S. Sn., M. Si selaku Wakil Bupati Pemkab Belitung, didampingi oleh Kadis Kominfo serta Bappeda Pemkab Belitung mengunjungi Living Lab Smart City Nusantara pada 24 Januari 2020. Disambut oleh Harun Triyantoro selaku Manager Experience Management Living Lab Smart City Nusantara, Isyak Meirobie dan jajarannya berkesempatan untuk mengenal lebih jauh mengenai Smart City Nusantara yang diusung oleh Telkom Group ini.

Kabupaten Belitung merupakan bagian dari Pemprov Kepulauan Bangka Belitung, dimana kondisi geografisnya terbagi atas beberapa kepulauan. Sarat akan potensi budaya, pariwisata dan ekonomi terlebih dengan keberadaan KEK di dalamnya, Pemkab Belitung memiliki keinginan kuat untuk dapat terus membangun wilayahnya. Kunjungan ke Living Lab Smart City Nusantara sendiri merupakan salah satu upaya Pemkab Belitung dalam meningkatkan kapasitas pengetahuan dan kemampuan SDM nya mengenai Smart City. Dalam kunjungannya, jajaran Pemkab Belitung diajak berkeliling melakukan Lab Tour untuk melihat dan mempelajari solusi Smart City Nusantara dan berdiskusi mengenai kebutuhan solusi yang dinilai tepat untuk diimplementasikan di Pemkab Belitung.

Pada kunjungannya kali ini Isyak Meirobie dan jajaran tidak hanya diajak untuk dapat memahami lebih jauh mengenai Smart City, tetapi juga dipandu untuk dapat memetakan permasalahan yang dihadapi wilayahnya dengan solusi-solusi Smart City Nusantara yang ada dalam upaya penyelesaiannya. Hal ini merupakan bentuk kesiapan Telkom untuk dapat membantu Pemerintah Daerah dalam menjalankan fungsinya dalam pelayanan publik seperti tergambar dalam testimoni Isyak Meirobie atas kunjungannya ke Living Lab Smart City Nusantara: “Telkom Living Lab, Membuat Lompatan Dalam Pelayanan Publik dan Inovasi Pembangunan Daerah Semakin di Depan!”.

Living Lab Smart City Nusantara sendiri merupakan fasilitas yang dibangun oleh PT. Telkom sebagai bentuk dukungan pada pengembangan smart city di Indonesia. Living Lab Smart City Nusantara yang berdiri sejak tahun 2016, kini telah menerima 594 kunjungan dari seluruh stakeholder smart city baik itu dari Jajaran Pemerintahan, kalangan industri, maupun masyarakat umum dan akademisi. Memiliki lebih dari 73 showcase solusi seperti Smart PJU, Smart Meeting Room, dan Command Center dan didukung kesiapan Telkom Group dalam menghadirkan solusi-solusi sesuai dengan kebutuhan Pemerintah Daerah yang sangat unik dan beragam, Smart City Nusantara siap menjadi partner Pemerintah Daerah dan stakeholder Smart City lainnya untuk mengembangkan dan mengimplementasikan Smart City di Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Smart City Nusantara dan prosedur kunjungan ke Living Lab Smart City Nusantara, dapat mengakses www.smartcitynusantara.id dan akun Instagram @scn_telkomindonesia.
Share: